Catatan Popular

Khamis, 27 Februari 2014

KETIKA RASULULLAH SAW MELAKUKAN SELAMATAN KEMATIAN

Jika yang kita amalkan dalam kirim doa dan pahala untuk para almarhum adalah berbentuk sedekah baik makanan atau kalimat dzikir, maka sejatinya Rasulullah Saw juga melakukannya.
Diriwayatkan dari Aisyah:
قَالَتْ وَكَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- إِذَا ذَبَحَ الشَّاةَ فَيَقُولُ « أَرْسِلُوا بِهَا إِلَى أَصْدِقَاءِ خَدِيجَةَ ». قَالَتْ فَأَغْضَبْتُهُ يَوْمًا فَقُلْتُ خَدِيجَةَ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « إِنِّى قَدْ رُزِقْتُ حُبَّهَا » (رواه مسلم رقم 6431 وابن حبان رقم 7006)
”Aisyah berkata: Jika Rasulullah Saw menyembelih kambing maka beliau berkata: Bawalah ini ke teman-temannya Khadijah. Aisyah berkata: Suatu hari saya pernah memarahi Rasulullah, kemudian beliau bersabda: Aku diberi anugerah mencintainya.” (HR Muslim No 6431 dan Ibnu hibban No 7006)
Dalam hadis ini sangat jelas bahwa ketika Rasulullah Saw menyembelih kambing maka beliau sedekahkan untuk istri beliau yang telah wafat yaitu Khadijah. Sedangkan riwayat Aisyah yang menggunakan redaksi ‘Kaana’ menunjukkan Rasulullah sering melakukannya sebagaimana dalam kaidah:
اِقْتِضَاءُ كَانَ لِلتَكْرَارِ (فيض القدير – ج 5 / ص 139)
“Kaana menunjukkan makna diulang-ulang” (Syaikh al-Munawi Faidl al-Qadiir 5/139)
Mengapa pula ada doa Tahlil? Sebab Tahlil dan dzikir lainnya adalah sedekah, sebagaimana dalam hadis sahih:
كُلُّ تَسْبِيحَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَحْمِيدَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَهْلِيلَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَكْبِيرَةٍ صَدَقَةٌ وَأَمْرٌ بِالْمَعْرُوفِ صَدَقَةٌ وَنَهْىٌ عَنِ الْمُنْكَرِ صَدَقَةٌ (أخرجه مسلم رقم 720 والنسائى فى الكبرى رقم 9028 وابن خزيمة رقم 1225 وأخرجه أيضًا : أحمد رقم 21513) .
”Setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, setiap memerintah kebaikan adalah sedekah, setiap mencegah kemungkaran adalah sedekah” (HR Muslim No 720, an-Nasai dalam as-Sunan al-Kubra No 9028, Ibnu Khuzaimah No 1225 dan Ahmad No 21513)
Sebagaimana juga diperkuat oleh ulama Ahli Tafsir:
قَالَ اْلإِمَامُ الْقُرْطُبِي رَحِمَهُ اللهُ، وَقَدْ أَجْمَعَ الْعُلَمَاءُ عَلَى وُصُوْلِ ثَوَابِ الصَّدَقَةِ لِلْأَمْوَاتِ فَكَذَلِكَ الْقَوْلُ فِي قِرَاءَةِ الْقُرْآنِ وَالدُّعَاءِ وَاْلإِسْتِغْفَارِ إِذْ كُلٌّ صَدَقَةٌ بِدَلِيْلِ قَوْلِهِ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ” كُلُّ مَعْرُوْفٍ صَدَقَةٌ” ( رواه البخاري ومسلم). فَلَمْ يَخُصَّ الصَّدَقَةَ بِالْمَالِ ( مختصر تذكرة القرطبي :25 ) “Al-Qurthubi berkata: Ulama sepakat sampainya pahala sedekah untuk orang mati, begitu pula dalam masalah membaca al-Quran, doa dan istighfar, sebab semanya adalah sedekah, berdasar sabda Nabi Saw: Setiap kebaikan adalah sedekah (HR al-Bukhari dan Muslim), maka Nabi tidak mengkhususkan sedekah dengan harta” (Mukhtashar Tadzkirah al-Qurthubi 25).
semoga bermanfaat,& silahkan dishare kpd yg lain.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan