Catatan Popular

Jumaat, 3 Jun 2011

Ribuan Jamaah Hadiri Haul Akbar Guru Besar Tarekat Naqsyabandi



Ribuan Jamaah Hadiri Haul Akbar Guru Besar Tarekat Naqsyabandi


Selasa, 24 Mei 2011 00:02:45 WIB
Reporter : Harisandi Savari

Pamekasan (beritajatim.com) - Sedikitnya dua ribu jamaah dari berbagai daerah tumpah ruah menghadiri Haul Akbar Guru Besar Tarekat Naqsyabandi Mudzhariyah ke 31, Al Habib Muhsin Bin Ali Al Hinduan RA, Senin (23/5/2011).

Acara yang diselenggarakan di Jalan Hos Cokroaminoto tersebut terpaksa menutup jalan dari arah timur dan barat. Sebab, tidak hanya simpatisan yang datang, para habaib, alim ulama dan warga sekitar juga larut dalam acara tahunan ini. Kendati demikian, perhelatan haul akbar berlangsung dengan lancar.

Menurut Ketua Panitia Haul Akbar, Habib Ali Al Hinduan, ada sekitar dua ribu jamaah tarekat nasyabandi mudzhariyah yang menghadiri acara tahunan ini. Mereka datang mulai dari daerah Kalimantan Tengah (Pangkalambun, Sukamara, Kualajelai, Kotawaringin, Manismata, Jorong dan Air Hitam), Kalimantan Barat (Pontianak, Singkawang, Mempawah dan Pemangkat), Banjarmasin, Jember, Bondowoso, Situbondo, Jakarta, Makasar serta empat kabupaten di Madura, yakni Sumenep, Pamekasan, Sampang dan Bangkalan.

"Acara haul akbar Al Habib Muhsin Bin Ali Al Hinduan diselenggarakan tiap tahun sekali. Dan, waktunya bergiliran antara Sumenep dan Kalimantan Barat," kata Habib Ali, salah satu putra Al Habib Muhsin Bin Ali Al Hinduan.

Dijelaskan, acara haul akbar kali ini juga diisi oleh berbagai kegiatan, seperti ziarah ke pusara Habib Muhsin, tahlil, pembacaan shalawat serta berbagai kegiatan penting lainnya.

Sementara untuk pamungkas dan ditunggu-tunggu jamaah adalah isi ceramah oleh penerus Al Habib Muhsin Bin Ali Al Hinduan RA, yakni S. Amin Muhsin Al Hinduan.

Dalam ceramahnya, pria yang biasa disapa Ustad Amin ini, menceritakan tentang ketangguhan ayahnya (Habib Muhsin) dalam menyebarkan ajarannya hingga ke pelosok-pelosok daerah di Indonesia. "Habib Muhsin tidak pernah putus asa. Ia terus berjuang dan berjuang. Ia rela meninggalkan keluarganya hanya demi muridnya. Bahkan, abah saya wafat saat di tengah-tengah muridnya," katanya.

Ia juga menjelaskan bagaimana Habib Muhsin mempunyai kesamaan sifat dengan Baginda Muhammad SAW. Yakni Siddiq, Amanah, Tabligh dan Fatonah. "Tidak salah, jika Habib Muhsin merupakan ulama hebat dan terkenal penerus ajaran para nabi," pungkasnya. [san/ted]

Tiada ulasan:

Catat Ulasan