Catatan Popular

Jumaat, 3 Jun 2011

Keutamaan bulan Rajab


oleh Muhammad Alhinduan pada 03 Juni 2011 jam 12:28

Sesungguh nya bulan rajab adalah bulan yang agung,beribadah di bulan ini pahala yang besar khusus nya berpuasa&memperbanyak istighfar dari segala dosa&awal malam nya doa mustajab,sebagai mana Rasulullah saw bersabda:Lima malam yang tidak ditolak doa:awal malam bulan rajab,dan malam nisfu sya'ban,dan malam jum'at,dan malam idul fitri,dan malam idul adha.pada malam 27 rajab Allah menggisra'kan dan mi'rajkan nabi kita saydina Muhammad saw sebagai mana yg sudah temasyhur.“Bersabda Rasulullah SAW : “ Sesungguhnya di surga ada sungai yang disebut dengan rajab (isinya) lebih putih dari pada susu, dan lebih manis dari pada madu. Barangsiapa yang berpuasa sunnah satu hari pada bulan Rajab akan diberi minum oleh Allah dari sungai tersebut.(HR:Imam Baihaqi). Adapun puasa sunnah pada bula Rajab banyak hadits-hadits Rasulullah SAW yang menganjurkan untuk melakukannya karena mempunyai nilai pahala ganda. Diriwayatkan oleh Tsauban bahwa ia pada suatu ketika berjalan bersama Rasul saw melewati suatu kuburan di mana Rasulullah saw berhenti sejenak dan menagis ter-sedu2. ” Kenapa enkau menangis ya Rasulullah?” tanya Tsauban, lalu Rasulullah bersabda : “Aku berdoa untuk mereka yang sedang disiksa kuburnya maka diringankanlah siksanya oleh Allah. Coba mereka berpuasa satu hari dan tidak tidur satu malam dalam bulan Rajab, mereka tidak akan disiksa dalam kuburnya.

Dan bulan Rajab adalah bulan taubah. Dari Abi Hurairah berkata ; Rasulullah Salallahu ‘Alaihi wassalama bersabda ; “ Barang siapa puasa pada tanggal 27 Rajab Allah mencatatnya sebagaimana orang puasa 60 bulan.”Dan ada awal hari bulan Rajab malaikat jibril turun kepada Nabi dengan risalah untuk isra’ bersama Nabi. Nabi bersabda “Ingat bulan Rajab adalah bulannya Allah, barang siapa puasa sehari dibulan Rajab dengan iman dan keikhlasan, maka akan mendapatkan keridhoan-Nya.”(Al-Hadits). seorang ulama’ ahli hadits Al-Imam Muhammad bin Abdullah Al Jardani Rohimahullah menerangkan dalam kitab hadits Misbahud-dholam bahwa : “Diterangkan dalam kitab-kitab

Allah yang terdahulu, orang yang membaca : رب إغفرلي وارحمني وتب علي Dibaca 70 x setiap ba’da isya’ atau waktu pagi dan sore bulan Rajab,. “maka orang tersebut terhindar dari siksaan api neraka (dosa-dosanya diampuni oleh Allah)” Dan barang siapa membaca 35x:أحمد رسول الله محمد رسول الله .

Dibaca diantara dua khutbah hari Jum’at Akhir bulan Rojab, maka

dimudahkan rizqinya dan dicukupi segala kebutuhanya (Qaul Ulama’).Sebagian sumber tulisan ini dari kitab:Mukasyafatul Qulub oleh Imam Abu Hamid bin Muhammad Al-Ghozali RahimuAllahu Ta'ala.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan