Catatan Popular

Jumaat, 3 Jun 2011

Pengikut Tarikat Al Alawiyah


Pengikut Tarikat Al Alawiyah
oleh Machmud Al-Habsyi pada 01 Juni 2011 jam 23:54



KOMUNITAS keturunan Arab di Makassar umumnya adalah pengikut Tarikat Al Alawiyah. Tarikat ini berpegang pada tauhid Imam Al Asy'ariy dan fiqih-nya adalah Imam Syafii. Tasawufnya dari sanad Imam Abu Madyan.



Amalan seperti ratib yang merupakan kumpulan hadis, tahlil yang merupakan kumpulan zikir, maulid yang merupakan kumpulan salawat sejarah dan syair atas Nabi SAW, dan wirid wirid serta zikir yg sudah diajarkan oleh Rasul SAW.



Kalau dikaitkan dengan sejarah, tarikat ini merupakan sekumpulan adat istiadat budaya para habaib atau keturunan Rasulullah dari garis Imam Ali dan Fatimah binti Rasulullah yang berhijrah ke Hadzramaut di Yaman yang kemudian menyebar ke India, Indonesia, dan belahan dunia lainnya.



Itulah sebabnya di bulan Ramadan, setiap malam menjelang salat tawarih, jamaah di Masjid As' Said membaca wirid Ratib Al Haddad.



"Wirid ini khas digunakan pengikut Tarikat Al Alawiyah," ujar imam Masjid As'Said Sayyid Alwi Bafaqih saat ditemui usai memimpin salat lohor di masjid tersebut, pekan lalu.



Wirid tersebut merupakan kumpula hadis-hadis Rasulullah yang dikumpulkan ulama dari Yaman bernama Habib Abdullah Alwi Al Haddad. Usai wirid, dilanjutkan dengan kasidah berupa puji- pujian atau lantunan syair yang memuji kebesaran Ilahi.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan